Jumat, 18 Mei 2012

Tugas Matakuliah Perpustakaan Pengertian Istilah


Berikut ini beberapa pengertian istilah yang ada dalam matakuliah Perpustakaan:

1.      Planning
Perencanaan adalah pemilihan atau penetapan tujuan  organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode, system, anggaran, dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
Perencanaan  tidak lain merupakan kegiatan untuk menetapkan  tujuan yang akan dicapai beserta cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut, sebgaimana telah disampaikan oleh Louise E. Boone dan David L. Kurtz (1984).
Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen Karena tanpa perencanan, fungsi-fungsi  lainnya tidak dapat berjalan.
T. Hani Handoko (1995) mengemukakan planning (perencanaan) adalah pemilihan atau penetapan tujuan  organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode, system, anggaran, dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
Perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan dan kegiatan untuk hasil yang diharapkan.
 Perencanaan yaitu fungsi  seorang manajer yang berhubungan dengan pemilihan  dari sekumpulan kegiatan-kegiatan dan pemutusan tujuan-tujuan, kebijaksanaan-kebijaksanaan serta program-program yang dilakukan.

2.      Organising
Sekumpulan orang atau kelompok  yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan  tujuannya tersebut melalui kerjasama.
Organising (organisasi) yaitu berupa penyusunan wadah legal untuk menampung berbagai kegiatan yang harus dilaksanakan  pada suatu organisasi.
Fungsi pengorganisasian adalah proses yang menyangkut strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan  didesain dalam sebuah struktur  organisasi yang tepat dan tangguh, system dan lingkungan organisasi ynag kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisai dapat bekerja secara efektif dan efisian guna pencapaian organisasian.
Drs. Soekarno K. Organisasi sebagai fungsi manajemen (organisasi dalam pengertian dinamis) adalah organisasi yang memberikankemungkinan bagi manajemen dapat bergerak dalam batas-batastertentu. Organisasi dalam arti dinamis berarti organisasi itu mengadakan.
Organising (organisasi) yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya.

3.      Staffing
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen  berupa penyusunn personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja.
Staffing berhubungan dengan  dengan penerapan orang-orang yang memangku masing-masing jabatan yang ada dalam organissi tersebut.
Staffing  yaitu  penyusunan personalia yang sejak dri penarikan  tenaga kerja baru. Latihan dan pengembangan sampai dengan usaha agar setiap petugas member daya guna maksimal pada organisasi.

4.      Directing
Directing (mengarahkan) adalah membimbing, memberikan petunjuk, menghadapkan dan memaksudkan.
Directing adalah usaha dalam member bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik  dan benar sesuai dengan tujuan  yang telah ditetapkan.
Directing adalah fungsi manajemen  yang berhubungan dengan usaha member bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula. Bukan saja agar pegawai melaksanakan atau tidak melaksanakan suatu kegiatan tetapi dapat pula berfungsi mengkoordinasi kegiatan berbagai  unsure organisasi agar efektif tertuju kepada realisasi tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

5.      Coordinating
Koordinasi adalah mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan lokasi kegiatan pekerjaan yang cocok kepada masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan dengan keselarasan yang semestinya di antara para anggota itu sendiri.
Koordinasi adalah menyelaraskan tugas atau pekerjaan atau pekerjaan agar tidak terjadi  kekacauan dan saling melempar tanggung jawab dengan jalan menghubungkan, menyau padukan  dan menyelaraskan pekerjaan bawahan.
Koordinasi adalah suatu usaha kerja sama antara badan, instansi, unit dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu, sehingga terdapat saling mengisi, saling membantu dan saling melengkapi.
Syarat-syarat koordinasi :
1.      Sense of Cooperation, perasaan untuk saling bekerja sama, dilihat per bagian.
  1. Rivalry, dalam perusahaan besar, sering diadakan persaingan antar bagian, agar saling berlomba untuk kemajuan.
3.      Team Spirit, satu sama lain per bagian harus saling menghargai.
Koordinasi dibedakan atas :
1.      Koordinasi vertikal, tindakan-tindakan atau kegiatan penyatuan, pengarahan yang dijalankan oleh atasan terhadap kegiatan unit-unit, kesatuan kerja yang ada di bawah wewenang dan tanggung jawabnya
2.      Koordinasi horisontal, tindakan-tindakan atau kegiatan penyatuan, pengarahan yang dijalankan terhadap kegiatan dalam tingkat organisasi yang setingkat.

6.         Reporting
Reporting dalam manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi, baik secra lisan maupun tulisan sehingga dalam menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan  tugas orang yang member laporan.
Reporting (pelaporan) adalah penyampaian hasil kegiatan  baik secara tertulis  mupun lisan.
Reporting (Pelaporan) adalah suatu kegiatan yang dilakukan bawahan untuk menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan hasil pekerjaan yang telah dilakukan selama satu periode tertentu. Pelaporan dilakukan kepada atasan kepada siapa bawahan tersebut bertanggung jawab.

7.         Budgeting
Anggaran merupakan rencana yang terorganisasi dengan menyeluruh, dinyartakan dalam unit moneter untuk operasi dan sumber daya suatu perusahaan selama periode tertentu di masa yang akan datang.
Budgeting (anggaran) adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan  perusahaan yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang.
Budget berfungsi sebagai alat untuk mengordinasikan kerja agar semua bagian-bagian yang terdapat didalam perusahaan dapat saling menunjang. Saling bekerja sama dengan baik untuk menuju ke sasaran yang telah ditetapkan. Dengan demikian  kelancaran jalannya perusahaan akan lebih terjamin.
Anggaran merupakan suatu rencana jangka pendek yang disusun berdasarkan rencana kegiatan jangka panjang yang telah ditetapkan dalam proses penyusunan program. Dimana anggaran disusun oleh manajemen untuk jangka waktu satu tahun, yang nantinya akan membawa perusahaan kepada kondisi tertentu yang diinginkan dengan sumber daya yang ditentukan.
Menurut Mulyadi (2001, p.488), anggaran merupakan suatu rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif yang diukur dalam satuan moneter standar dan satuan ukuran yang lain yang mencakup jangka waktu satu tahun.
Menurut Supriyono (1990, p.15), penganggaran merupakan perencanaan keuangan perusahaan yang dipakai sebagai dasar pengendalian (pengawasan) keuangan perusahaan untuk periode yang akan datang.

0 komentar:

Poskan Komentar

Sedikit luangkan waktu untuk berkomentar. Terima kasih.